Kamis, 28 Mei 2015

Perempuan Geologi = Perempuan Tangguh

Sekian lama gak ng-post, post kali ini karena lagi suntuk-suntuknya sama tugas (ngeluh dikit boleh ya?)

Jadi sebulan terakhir ini kampus gue lagi masuk masa "Bulan Kesetanan", kenapa gitu ? soalnya tiap minggu selalu ada lapangan dan laporan. dan minggu-minggu terakhir ini ditambah poster. Emang tugasnya sih, tapi tetep aja gue bikin gue mabok.
Cewek di kampus gue cuma ada 30an dari total 200 orang. yep, sisanya cowok. Nah cewek kan selalu dicap lebih rapih dan telaten kalo ngerjain tugas, pastilah kalo dibagi kelompok selalu ada ceweknya, kalo gak 1 ya 2 ceweknya dalam 1 kelompok.
Kelebihan cewek-cewek geologi itu udah harus bateng (semacam tahan banting) tiap minggu lapangan, terus kalo di kelompok karena kerjaannya paling rapih kadang jadi tumbal yang bikin laporan. -_- dan ngolah laporan itu gak gampang, lo harus ngembangin data yang lo dapet sesuai format. Belum lagi kalo dikasih tenggat waktu untuk konsul dan acc. Kalo mau leyeh-leyeh gabisa, kepikiran laporan yang belum jadi. Mau jalan-jalan bawaannya gak tenang pasti.
Tapi ya itulah, bagian dari penguatan diri.  Kalo mau kuliah yang nyantai, kayaknya bakalan salah kalau milih jurusan ini haha ~ perlakuan buat cewek dan cowok ga banyak bedanya. Memang dalam beberapa hal cewek dan cowok gak bisa diperlakukan sama, tapi ga berarti dimanja. Dari 30 orang cewek di angkatan gue, semuanya punya kelebihannya masing-masing dan ga kalah saing sama cowok-cowoknya. Kami semua saling melengkapi dan mendukung.
Jadi inget waktu pengenalan lapangan geologi (PLG) angkatan gue , kita semua dibagi perkelompok ada 1-2 ceweknya sisanya jelas cowok. Mengingat yang namanya PLG pasti butuh fisik sama mental yang kuat, kita cewek-cewek sepakat buat ngadain latihan fisik bareng-bareng. Inget banget muterin tambak boyo hampir 3-4 kali saking semangatnya bareng-bareng (meskipun ga semuanya juga sih...). sampe akhirnya hari-H kita jalan kaki total hampir 19 km ga begitu banyak yang tumbang karena udah sering latihan fisik sebelumnya. Jaman-jaman di ospek juga pun gue gak inget hukuman buat cewek sama cowok dibedain misalnya kayak senam jari, cowok 50 kali ya cewek juga.
Terus dosen di jurusan gue yang cewek cuma 4 dan salah satunya jadi rektor di kampus gue. keempat perempuan ini penampilannya keibuan banget deh pokoknya, lembut, kalo ngajar kayak ngomong ke anak sendiri jadi berasa punya sosok ibu di kampus :" tapi kalo lagi lapangan..... gak paham lagi gue, mereka tangguh banget. ada singkapan di sungai ya ikut turun ke sungai, singkapan di puncak bukit juga ikutan naik ke bukit. terus yang gue bingung mereka jalannya cepet banget, jadi kita yang masih mahasiswa aja kadang-kadang kewalahan dan suka ngeluh sepanjang perjalanan hahaha. Pernah ada salah satunya cerita " Dulu saya kalo PLG gitu ya sama yang cowok-cowok berebutan buat dulu-duluan ke puncak gunung", cepet-cepetan ke puncak gunung! bayangin aja pegelnya kayak apa -_- gue aja buat naik ke ruang perkuliahan di lantai 3 suka keabisan napas , gimana disuruh cepet-cepet naik gunung.......
Buat kalian yang baca postingan ini (kayak ada aja yang baca :" ), gue gak bermaksud nakut-nakutin kalian tapi emang jurusan geologi bukan jurusan yang santai, karena banyak kegiatan yang butuh fisik dan mental yang cukup kuat. Banyak kegiatan lapangan yang mengharuskan kita jalan jauh meskipun panas atau hujan, jalan naik turun bukit / gunung, masuk keluar hutan, turun ke sungai dan yang lainnya. selain itu tugas kampus dan praktikum yang bisa bikin kamu berubah jadi mayat hidup. Tapi...... buat gue nikmat banget ngejalanin semuanya. karena lo ga sendiri. kalo lo susah, susah bareng, kalo udah gitu nanti nikmatnya bakalan berasa bareng-bareng juga. Siapkan mental, fisik dan semangat kalian, jangan sampai kehilangan motivasi.  Buat pembaca cewek, bukan berarti kalian mesti tomboy dan gabisa dandan kok kalo masuk jurusan ini. banyak temen gue yang bisa dandan tapi kalo di lapangan mantep juga. buat gue yang penting jangan manja. penting banget. jangan mau kalah sama diri sendiri.
Sekian postingan gue yang dikarenakan kesuntukan ini. saatnya lanjut ngerjain lagi. soalnya gue yakin usaha = hasil. (halah, paling juga ujung-ujungnya gue ketiduran......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar